PENGALAMAN REKRUTMEN PT PLN - TES WAWANCARA

Wednesday, January 18, 2017

pengalaman rekrutmen pt pln - tes wawancara

Hai semua..
Ini adalah postingan terakhir tentang pengalaman rekrutmen PT PLN. Setelah postingan ini selesai akhirnya janji aku terpenuhi. Iya, aku waktu itu janji kalau lolos di PT PLN, aku mau share cerita dan tips tips pengalaman aku. Siapa tau aja ada yang lagi membutuhkan. Dan informasi dari aku bisa di gunakan sebagai referensi. 

Dua minggu lamanya aku menunggu hasil tes laboratorium dan penunjang keluar, dan alhamdulillah nama aku ada di daftar pengumuman. Sebelumnya aku udah siapin dan mempelajari materi materi yang kayaknya di tanyain waktu tes wawancara PT PLN. Jadi aku searching di internet tentang soal soal wawancara kerja. Dan aku nemu banyak banget artikel tentang soal dan jawaban yang biasa keluar di wawancara kerja. Aku kumpulin soal soal itu dan aku rangkum mana yang perlu dan mana yang enggak. Aku juga udah siapin dan pelajari materi tentang PT PLN. Mungkin aja di tanyain waktu wawancara. Apa salahnya mencegah sebelum terjadi kan. 

Jadwal wawancaraku saat itu hari Jumat jam 9 pagi bulan Desember tahun 2016 lalu. Lokasi wawancara saat itu di PT PLN Distribusi Jawa Timur di Jalan Embong Trengguli Surabaya. Aku berangkat satu setengah jam lebih awal biar nggak grogi. Sampe disana nanti kita di suruh isi dua lembar kertas tentang pernyataan kalau kita siap di tempatkan di seluruh Indonesia, terus ada pertanyaan udah menikah atau belum, kalau udah, pacar bekerja dimana. Kita pengen nerusin kuliah atau enggak, sedang bekerja atau enggak dan lain lain lah semacam itu pokoknya. 

Aku baca baca sih kalau kita udah punya pacar nanti saat wawancara di tanyain, nikah dalam waktu dekat atau enggak. Karena kalau punya pacar sedangkan kita di tempatkan di luar pulau berarti kita kan jauh dari pacar nih, katanya sih itu pengaruh juga buat di pertimbangin (katanya). Untuk pertanyaan ingin melanjutkan kuliah atau enggak, waktu aku baca baca mending kita isi 'iya' aja, karena PT PLN tuh katanya mencari seseorang yang pembelajar.

Setelah mengisi pernyataan di kertas tadi, kita akan di minta untuk mengisi data diri di laptop yang di sediakan oleh PT PLN. Lalu kita di minta untuk menunggu giliran nama kita di panggil wawancara. Aku menunggu sambil deg deg-an tuh. Masih inget rasanya deg deg-an nya kayak gimana.

Akhirnya nama aku di panggil jam 9 kurang 5 menit. Sebelum masuk ruangan, usahakan ketuk pintu dulu dan ucapkan salam. Ketika salam sudah di balas, barulah masuk ke dalam ruang wawancara. Jangan lupa jabat tangan si pewawancara. Waktu itu aku lupa nggak jabat tangan pewawancara karena saking bingungnya :'D

Jangan langsung duduk ya guys, tunggu dulu agar kalian di persilakan duduk oleh si pewawancara, dan ucapkan terima kasih. Sebelum wawancara di mulai, mereka memperkenalkan diri terlebih dahulu. Yang mewawancarai aku waktu itu ada dua orang. Satu ibu ibu perwakilan dari ECC UGM sebagai psikolog dalam tes wawancara PT PLN ini dan satu lagi bapak perwakilan dari PT PLN Distribusi Jawa Timur. Ibu dari ECC UGM juga bilang kalau seluruh wawancara tersebut akan di rekam, apakah aku keberatan dan aku bilang enggak. 

Ibu X (mulai sekarang sebut saja Ibu X ya, biar mempermudah) memulai pertanyaan simpel tentang aku kesini sendirian atau di atar. Dan aku jawab sendiri. Menurut sumber yang aku baca, pertanyaan ini menunjukkan apakah kita adalah orang yang mandiri atau enggak. Selanjutnya beliau menanyakan aku sampai disini jam berapa dan aku jawab jam setengan delapan. Beliau melanjutkan rumahnya deket ya? Aku jawab lagi rumah saya jauh di Gresik. Dan beliau melanjutkan pertanyan pertanyaan basa basi tentang daerahku dan berapa lama agar bisa sampai kesini.

Ibu X lalu meminta aku untuk menceritakan diri aku. Disini Ibu X udah mulai agak serius nih. Aku langsung menceritakan namaku, usia, asal universitas, hobi, anak ke berapa, pekerjaan orangtua, organisasi, pekerjaan sebelumnya dan lain lain. Lalu Ibu X mulai tanya tanya soal organisasi yang pernah ku ikuti dan pekerjan yang pernah aku jalani sebelumnya. Jadi pada tes wawancara ini yang di tanyakan adalah mengenai kehidupan pribadi kita. Jadi usahakan jawab yang jujur dan jangan bohong karena kalau bohong bakal ketahuan. 

Aku juga di tanya pernah nggak menolong orang, baik yang di kenal atau yang nggak di kenal. Di pertanyaan ini usahakan kamu jawab iya tapi jujur seadanya. Karena aku pernah baca kalau PT PLN itu mencari calon pegawai yang peduli. 

Aku juga di tanya pernah nggak membantu teman yang sesuai dengan bidangku. Maksudnya aku pernah menolong teman dengan ilmu yang kudapat dari bangku kuliah nggak. Aku waktu itu menjawab membantu teman saat mengerjakan tugas akhir dan kita saling sharing. Aku juga di tanya gimana perasaanku setelah menolong teman memberikan ide tugas akhir tersebut, aku jawab senang karena bisa menolong dan saling sharing. 

Ibu X juga tanya aku ini di kampus perannya apa sih. Maksudnya teman temanku melihat aku seperti apa. Kalian jawab aja teman teman melihat kalian sebagai pribadi seperti apa. Kalau aku waktu itu menjawab teman teman melihat aku sebagai orang yang fleksibel dan gampang bergaul. 

Aku juga di tanya soal pekerjaan freelance yang pernah aku jalani. Aku juga di tanya bagaimana caraku mencapai target dalam menjalani pekerjaan itu. Aku juga di tanya soal gimana reaksi atasan aku dulu ketika aku nggak mencapai target. Di pertanyaan ini jangan jelek jelekkan mantan atasan kalian. Bicara yang baik baik aja tapi tetep jujur jangan berlebihan.

Aku juga di tanya pernah nggak melanggar peraturan kampus, misalnya bolos kuliah buat main main sama temen. Dan aku jawab iya. Tapi aku juga bilang kalau aku nggak pernah bolos lebih dari dua kali. Karena di kampusku kan emang di beri jatah bolos dua kali. Setelah dua kali akan di anggap nggak masuk kalau bolos. Awalnya Ibu X bingung sama kata 'jatah bolos' yang aku pakai. Dia awalnya nggak percaya masak sih di kampusku di kasih jatah bolos. Tapi untungnya Pak X perwakilan dari PT PLN menjelaskan kalau sebenernya itu bukan jatah bolos bla bla bla. Barulah Ibu X ngeh. Emang sih temen temen di kampusku bilangnya jatah bolos gitu jadi kebawa saat wawancara.

Terus aku juga di tanya pernah melanggar lampu lalu lintas nggak. Aku jawab jujur iya tapi sekarang udah nggak lagi. Aku juga di tanya pernah di pegangi uang banyak nggak sama orangtua misalnya uang buat bayar apa gitu. Aku bilang iya kalau mau bayar SOP kuliah, tapi langsung di bayar. Terus di tanyain pernah nggak ngambil dikit uangnya. Aku jawab enggak soalnya di kasih uangnya selalu mepet. Dan aku tambahin lagi kalau misalnya aku ambil dikit uangnya pasti aku akan bilang ke ortu kalau aku pinjam uangnya bentar nanti bakalan aku ganti.

Aku juga di tanya soal kelemahan yang aku tulis di form (Aku lupa kapan ngisi form itu. Mungkin saat ngirim berkas online kali ya?) Usahakan saat nulis kelemahan diri itu adalah kelemahan yang bersifat menguntungkan. Jadi sebenernya itu kelebihan tapi dalam kalimat yang berbeda. Misalnya kalau aku pribadipunya ambisi yang berlebihan.

Aku juga di tanya siap nggak di tempatkan di seluruh Indonesia. Dan aku juga di tanya maunya dimana. Dan aku jawab di Sumatera. Aku masih di kejar pertanyaan mau di kota mana di Sumatera. Dan aku jawab Medan sama Padang :'D

Aku juga di tanyain mau di tempatkan di PT PLN di bidang apa. Dan aku memilih distribusi. Sebelumnya nanti kita di jelaskan kok kalau PT PLN itu ada bidang apa aja. Nah setelah itu kita tinggal pilih. Sebelumnya aku udah searching sih tentang bidang bidang PT PLN itu apa aja dan fungsinya apa. Aku takut aja kalau pertanyaan ini bakalan keluar soalnya ada beberapa blogger yang di tanyain tentang pertanyaan ini.

Sebelum wawancara selesai, aku di beri kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Dan pada kesempatan itu aku menanyakan pertanyaan tentang perusahaan swasta yang memasok listrik. Sebenernya aku juga bingung sama pertanyaanku. Tapi yang penting tanya karena dengan bertanya nanti kita akan di lihat apakah kita adalah orang yang aktif apa enggak. Aku juga tanya tentang kapan pengumuman lolos seleksinya keluar. Dan waktu itu di jawab akhir bulan Desember. 

Saat selesai wawancara, jangan lupa jabat tangan lagi dan ucapkan terimakasih sebelum meninggalkan ruangan. Oiya, jangan lupa senyum saat wawancara. Usahakan banyak tersenyum karena akan menunjukkan kalau kita adalah orang yang lagi bahagia.

Sebenernya pertanyaannya tuh buanyak banget. Cuma kebanyakan ya tentang diri kita gitu. PT PLN itu mencari calon pegawai yang sesuai dengan nilai nilai perusahaan. Salah satunya ya pembelajar dan peduli tadi. Lainnya kalian bisa searching sendiri ya karena aku lupa berkasnya dimana :'D
Makanya usahakan kalian menjawab pertanyaan wawancara sesuai nilai nilai dari perusahaan. 

Aku menunggu pengumuman hingga akhir bulan Desember tapi teryata belum keluar juga pengumumannya. Dan besoknya udah tahun baru, jadi ya mungkin awal bulan Januari. Dan akhirnya tanggal 3 Januari 2017 kemarin pengumuman panggilan diklat prajabatan keluar juga. Dan alhamdulillah banget nama aku masih tercantum di sana bareng dengan orang orang hebat lainnya. 

Di pengumuman itu di beritahukan kalau peserta harus menghadiri pengarahan diklat dan tanda tangan kontrak tanggal 17 Januari. Dan setelah tanggal 17 Januari tersebut telah di beritahukan bahwa angkatan 57 siswa diklat prajabatan PT PLN batch 2 akan di berangkatkan pada tanggal 6 Februari besok. 

Akhirnya selesai sudah cerita pengalaman rekrutmen PT PLN ini. Untuk posting selanjutnya akan kembali lagi ke review review make up. Terimakasih buat kalian yang sudah mengikuti postingan blog aku tentang rekrutmen PT PLN mulai dari awal hingga sampai posting terakhir ini. Buat kalian yang masih berjuang untuk lolos sampai ke tahap akhir, tetap berjuang dan semangat ya. Kalau kalian berusaha keras pasti akan mendapat apa yang kalian mau. Dan kalau kalian ternyata belum bisa berhasil lolos rekrutmn di PT PLN ini, aku jamin ada rejeki yang lebih baik di luar sana untuk kalian. 


THANKYOU!


WITH LOVE,



SOUN 

You Might Also Like

29 komentar

  1. mbak, mau nanya dong...saat wawancara apakah hand gesture itu perlu dan ada gk pertanyaan mengenai apa yg kita ketahui dari PT.PLN itu sendiri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak lylo makasih udah mampir ya :)
      untuk pertanyaan hanya seputar kegiatan kita kayak kegiatan organisasi dll :)

      Delete
  2. Hallo mbak. Sebelumnya selamat ya atas keberhasilannya. Sukses selalu dengan mampu membawa PLN jadi perusahaan lebih baik dan lebih besar ke depannya. Btw mau nanya nih. Pas wawancara itu terkait teknis bidang ilmu kita ga? Misalnya Saya anak Mesin, ditanya teknis ilmu Saya ga? Atau semuanya murni mengenai pribadi kita? Jadi jatuhnya kek wawancara HRD, bukan wawancara user. Makasih loh Kak kalo sempet dijawab. Salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak febbi maaf baru balas ya, baru sempet buka blog :)
      makasih udah mampir ya :)
      waktu itu pertanyaannya bukan tentang bidang ilmu kita kok, kayak wawancara hrd biasa :)

      Delete
  3. Hai kak Linda, aku terbantu dan lebih termotivasi utk ikut rekrutmen PT PLN. Kebetulan Juli 2017 ini ada pendaftaran rekrutmen PT PLN utk siswa lulusan SMK. Saya sudah daftar online kak. Yang mau saya tanyakan, kalau utk lulusan SMK apakah tahapan tesnya sebanyak yg kakak lewati dulu? Sebelum aku tanya ini, tentu aku sudah baca blog kakak ttg rekrutmen PT PLN dari mulai GAT sampai wawancara. Lalu, selama mengikuti tes, pakaian nya seperti apa? Bisa dijelaskan kak? Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      maaf banget kalo baru dibalas huhu :(

      Delete
  4. Hi kak Linda, thx buat semua kata2nya, motivasi banget buat aku, btw kak aku kan ikut ke PLN lewat jalur kerjasama dgn Politeknik, jadi kira2 itu tes wawancaranya masih sama nggak seperti kak Linda dulu atau beda lagi? terus kalau nanti udah lulus kuliah itu kan langsung di rekrut sama PLN nya, itu ada tes nya lagi apa nggak? THX N WAITING 4 THE ANSWER..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak jihan makasih udah mampir ya :)
      kalo untuk jalur kerjasama aku kurang paham kak hehe

      Delete
  5. Kak..Sesuai jadwal, tgl pengumuman PLN itu kemarin tgl 18 Juli 2017. Tapi kok sampe skrg (19 Juli'17) belum ada pengumuman ya di webnya? Memang harus nunggu berapa lama ya kak? Dan diumumkan lewat mana? Soalnya aku buka bagian info tes, kok tulisannya "belum ada pengumuman tes dari peluang karir yg anda lamar" ..Galau aku kak 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku dulu nge-ceknya ngga cuma di rekrutmen pln, ada web ecc ugm lagi. biasanya kalo lulus juga dapet sms kok :)

      Delete
  6. hey linda kamu adalah orang yang satu angkatan sama aku , cuman aku nggak lolos di tahap fisik dan penunjang.. kalau boleh tebak lokasi test laboratoriumnya di PRAMITA LAB JL Adityawarman kan... btw thanks ya udah ngasih bocoran soal wawancara kemarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ke blog ku ya :)
      wah kita seangkatan ya? orang mana?
      sama sama btw senang bisa ngebantu :)

      Delete
  7. Terimakasih infonya kak. Selamat atas keberhasilannya. Semoga saya juga bisa seperti kakak juga ya ditahun ini aamiinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ke blog ku ya :)
      aminnn semoga berhasil ya :)

      Delete
  8. Kak, ada cp yg bisa dihubungi ga? Email mungkin hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ke blog ku ya :)
      untuk email bisa klik tombol 'contact me' diatas :)

      Delete
    2. Terima kasih kak. Alhamdulillah aku juga udah diterima di PLN bulan Juni 2018 kemarin :D

      Delete
  9. Kak, mau tanya. kalau wawancaranya berapa lama ya? tesnya satu-satu atau ada beberapa peserta lain juga dalam ruangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ke blogku
      wawancaranya seinget aku ngga terlalu lama sih, mungkin setengah jam an kali ya, atau sejaman. tes wawancara ini dilakukan satu satu didalem ruangan

      Delete
  10. Kak mau nyak, kk penempatan dmn skrng dan angkatan 57 itu ada brpa orang yg lulus masuk pln nya? Terkhusus jurusan kk manajemen. Mohon d jwab y kk. Mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya
      aku sekarang penempatan di sumatera. angkatan aku ada sekitar 300an lebih dari D3 yang lulus, yang S1 nya beda lagi, aku lupa yang S1 ada total berapa yang lulus. Kalo buat manajemen kayaknya dulu nggak sampe 20 orang dari rekrutmen surabaya, seinget aku 17 yah. tapi kalo dari rekrutmen kota lain kayaknya dari bidang manajemen yang lulus lebih sedikit lagi, kayaknya kebanyakan nggak sampe 10 orang

      Delete
  11. Hai kak Linda, sempat mengisi lembar pertanyaan ga sblum masuk ruangan wawancara? Dan ada ditanya ga tentang rencana lanjut study? Kalo ada sekalian bgaimna jawabannya ya kak.. Thanks a lot. Smoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. hai kak linda, mau nanya nih, sempet ditanya nggak kenapa pilih daftar PLN??

    ReplyDelete
  13. Hai kak ..
    Maaf mau tanya nih .. dengan jawaban mau ditempatkan di medan sama padang itu .. terus penempatan kakak jg di salah satu daerah itu atau tidak kak ?? Terimakasih

    ReplyDelete
  14. hei kak linda
    ada syarat dokumen yang harus di bawa gak untuk tes wawancara?

    ReplyDelete

Hai, Barbie! Terimakasih sudah mampir ke blog-ku. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. Klik 'Notify Me' agar kalian tahu aku membalas komentar kalian ♥

Adventure Time - Lady Rainicorn

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Babes

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support