PENGALAMAN REKRUTMEN PT PLN - TES LABORATORIUM DAN PENUNJANG

Tuesday, January 17, 2017

pengalaman rekrutmen pt pln - tes laboratorium dan penunjang

Hai..
Setelah di nyatakan lolos dari tes fisik di PT PLN, aku lanjut ke tahap seleksi yang selanjutnya yaitu tes laboratorium dan penunjang. Pada tes laboratorium dan penunjang PT PLN ini yang di tes adalah tes darah dimana pada tes darah ini yang di lihat adalah jumlah kolesterol, asam urat dan gula darah. Selain itu adapula tes urin untuk mengetahui apakah peserta menggunakan obat obatan terlarang. Ada pula tes rekam jantung dimana kecepatan jantung kita di rekam apakah tinggi atau rendah. Setelah itu ada tes kebisingan dan tes rontgen. Aku akan bahas satu persatu mengenai tes tes yang aku jalani di tes laboratorium dan penunjang PT PLN ini. 

Dalam tes laboratorium PT PLN ini, tidak ada tips khusus agar bisa lolos. Cuma aku sarankan agar mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur sayuran. Dan juga perbanyak minum air putih.

Oke, pada tes ini kita di haruskan untuk berpuasa selama maksimal 12 jam, tidak boleh lebih dari itu. Sebelum melakukan serangkaian tes laboratorium, kita di haruskan agar melakukan proses administrasi seperti saat tes fisik sebelumnya. Pada saat akan melakukan foto di meja sebelah, nanti mbak mbaknya akan tanya kita udah puasa berapa lama. Aku waktu itu terakhir makan besar jam 9 malam, lalu aku bangun jam 1 pagi buat makan pisang satu biji. 

Setelah selesai proses administrasi, aku mulai dengan tes urin terlebih dahulu karena saat itu tes darah masih antri banyak banget dan kebetulan aku udah kebelet pipis nggak bisa di tahan. Di tes urin ini kita akan di beri tabung buram yang nantinya akan di isi oleh urin kita. Waktu tes urin nanti di jaga oleh penjaga biar nggak ada yang curang. Dan pintu kamar mandi harus di buka karena kita di awasi. Bayangin tuh pipis tapi ada yang ngawasi :'D
Dan tabung harus di isi penuh. Usahakan minum banyak air agar gampang pipis dan urinnya jernih nggak kuning. 

Setelah tes urin, aku langsung antri ke tes darah. Dimana dalam tes ini darah kita akan di ambil sebanyak empat tabung penuh. Seperti yang udah aku bilang di atas kalau di tes ini akan di lihat jumlah kolesterol kita, gula darah kita dan asam urat kita. Jadi saranku mending kalian melakukan pra-tes dulu sebelum melakukan tes laboratorium dan penunjang ini. Dengan begitu kalian bisa mengetahui jumlah kolesterol, gula darah dan asam urat kalian. Apabila salah satunya tinggi, kalian bisa mengobatinya terlebih dahulu. Apabila kalian udah check up awal, nanti dokter akan memberikan resep obat untuk keluhan kita. 

Saranku apabila kolesterol kalian tinggi, kalian bener bener harus stop makan makananan hewani. Makan makanan yang sumbernya dari tumbuh tumbuhan aja. Ikan memang bagus sih tapi kadang ada ikan yang banyak lemaknya. Jadi pilih pilih ikan yang bener bener rendah lemak semacam tuna dan salmon. Dan juga perbanyak makan oatmeal. Oatmeal bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Minum nutrive benecol biar kolesterol turun tambah cepet. Selain itu aku denger denger rebusan daun salam yang di minum 3-4 kali sehari juga ampuh buat menurunkan kolesterol. 

Adapun beberapa hal yang dapat di lakukan adalah sebagai berikut:
a. Menghindari makanan dan minuman yang berlemak tinggi yang mengandung lemak jahat seperti kuning telur, jeroan, susudan produk turunannya seperti : keju, yogurt, es krim dsb (untuk susu rendah lemak boleh di konsumsi), makanan laut (udang, cumi cumi, kerang), makanan mengandung minyak dan santan tinggi, segala jenis minuman bergula tinggi (softdrink, sirup dengan gula tinggi, dan lain sebagainya).
b. Memperbanyak makanan berserat tinggi diantaranya buah buahan (jeruk, mangga, jambu, strawberry), sayuran (brokoli, wortel, dan sayuran hijau kecuali bayam agar di batasi), ikan yang mengandung omega 3 (ikan salmon, tuna, dan sardine yang di kukus atau di bakar), kacang kedelai dan oatmeal.
c. Berolahraga rutin dengan intensitas ringan sampai sedang seperti berjalan sehat dan lainnya.


Banyak peserta yang gugur di tahap seleksi tes laboratorium ini karena kebanyakan punya kolesterol. Jadi untuk persiapan, seperti kataku tadi, lakukan check up terlebih dahulu.

Selesai melakukan tes darah, kita akan di beri makanan nih. Jadi setelah puasa selama lebih dari 10 jam ini nanti kita bisa makan makanan berlemak lagi :D

Setelah makan, aku langsung melakukan tes rekam jantung dimana di tes ini seluruh tubuh kita dari ujung kaki sampai dada akan di tempeli alat alat  berkabel yang di sambungkan ke monitor. Di tes ini katanya untuk mengetahui kecepatan jantung kita sih (Aku lupa kata spesifiknya apa. Sebut saja kecepatan jantung lah ya). Kalau terlalu rendah ngulang, terlalu cepat juga ngulang. Ada nih salah satu temen yang ngulang karena katanya terlalu rendah. 

Dan usahakan pada saat akan melakukan tes lab dan penunjang, jangan keluar rumah sehari sebelumnya biar kecepatan jantungnya nggak terlalu tinggi. Ini aku dapet informasi dari pegawainya PLN yang waktu itu ikut mengawasi pelaksanaan tes. 

Selanjutnya adalah tes kebisingan. Dimana dalam tes ini kita akan masuk ke dalam bilik sempit dan gelap dan kedap suara. Jadi nanti kita akan di beri headphone biar kita nggak bisa denger suara suara dari luar. Dan dari headphone itu kita akan denger suara suara khusus semacam 'tet tot dut dong'. Suara suara itu terdengar dari mulai pelan banget kayak bisikan hantu sampai suara yang agak keras. Instruksinya, kita di haruskan menekan tombol apabila mendengar suara 'tet tot dut dong' tadi. Jadi usahakan agar berhenti memakai headset seminggu sebelum pelaksanaan tes ini. Kalau aku sih udah mulai berhenti pakai headset sejak tes psikotes. Jadi ada jeda waktu panjang buat mengistirahatkan telinga. Usahakan juga jangan berada di tempat yang bising macam konser atau bioskop ya. Saran aja sih ini. Cuma buat jaga jaga aja. Mending nggak ke bioskop dulu daripada waktu tes ntar nggak sensitif sama suara suara macam bisikan hantu itu. 

Tes yang terakhir adalah tes rontgen dimana di tes ini akan di rekam kondisi paru paru kita. Untuk yang merokok usahakan berhenti merokok seminggu sebelum pelaksanaan tes. Usahakan sering menghirup udara pagi juga. Jadi di tes ini kita di suruh ganti baju dengan baju semacam baju operasi kayak di tes fisik sebelumnya. Lalu nanti kita di suruh menempelkan badan di alat rontgen itu. Oiya, usahakan jangan pakai perhiasan semacam kalung, anting anting. Jarum di jilbab juga harus di lepas. Kita akan di beri instruksi untuk menarik napas, tahan napas, buang napas dan lain lain di tes rontgen ini. 

Usai tes rontgen, maka serangkaian tes laboratorium dan penunjang telah selesai dan kita di perbolehkan pulang. Jangan lupa untuk tanda tangan dulu sebelum pulang dan minta stempel di kartu peserta. 

Dan begini aja cerita tentang tes laboratorium dan penunjang di PT PLN yang aku jalani. Aku berharap banget kalau postingan ini bisa membantu kalian yang sedang mencari informasi karena akan menjalani tes ini. Terimakasih buat yang udah membaca postingan aku sampai habis. 

THANKYOU!


WITH LOVE,




SOUN 

You Might Also Like

16 komentar

  1. Banyak banget yah tes2 yg harus dilewati dan kesemuanya beneran ketat sampe buang air kecil aja juga dijaga :"D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya kak ketat banget. sampe risih sendiri rasanya :D

      Delete
  2. Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

    Service Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
    Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Customs Clearance Port
    Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan & Port Lain nya.

    Dote :
    Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
    Kami tidak bertanggung jawab/ tidak akan mengganti kerugia apabila didapati adanya barang-barang bahaya / Larangan tersebut, dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.
    Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).

    Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kami dan perusahaan bpk/ibu berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484
    Hp wa. 081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com, andijm_import-export@hokahoki.co.id

    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
    PT. HOKA HOKI INDONESIA
    Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
    Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
    Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
    Email : andijm.logistics@gmail.com
    Website : hokahoki.co.id

    Mr. Andi JM BBM : D9CE63FD
    Hp wa. 081908060678, 081385311679

    ReplyDelete
  3. wah mantap kak! Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      sama sama senang kalo bisa membantu hehe

      Delete
  4. Replies
    1. hai makasih ya udah mampir :)
      sama sama senang kalo bisa membantu :)

      Delete
  5. Terima kasih infonya,semoga bisa membantu saya di tes yg ketiga kalinya ini. Amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir
      semoga berhasil ya :)

      Delete
  6. makasih kak infonya:) btw serangkaian tes-tes itu sampai pengumuman diterima, butuh waktu berapa lama ya kak?

    ReplyDelete
  7. Hi kak. Terima kasih atas infonya. Mau ditanya, stlh tes akademik dan psikotes butuh waktu brp lama ya sampai tes kesehatan?

    ReplyDelete
  8. Hi ka. Jd gmn hasil akhirnya? Lulus ka? Aku lg ada di tahap menunggu pengumuman psikotest nih.. Doakan ya ka smoga aku lulus dan bisa lanjut ke tahap tes kesehatan.. Thkyou udh sharing ❤

    ReplyDelete
  9. Hi ka. Jd gmn hasil akhirnya? Lulus ka? Aku lg ada di tahap menunggu pengumuman psikotest nih.. Doakan ya ka smoga aku lulus dan bisa lanjut ke tahap tes kesehatan.. Thkyou udh sharing ❤

    ReplyDelete
  10. thanks for you information barbie ❤️❤️

    ReplyDelete
  11. Mantap sarannya, thank you banget

    ReplyDelete
  12. Kak kalau tes yang periksa gigi gitu ada gak. Kalau giginnya gak rata atau ada yang bolong² gituu. Sama kulit kalau ada penyakit di kulit di periksa juga gak


    Terimakasih

    ReplyDelete

Hai, Barbie! Terimakasih sudah mampir ke blog-ku. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. Klik 'Notify Me' agar kalian tahu aku membalas komentar kalian ♥

Adventure Time - Lady Rainicorn

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Babes

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support