PENGALAMAN REKRUTMEN PT PLN - TES AKADEMIK DAN BAHASA INGGRIS

Tuesday, January 03, 2017

pengalaman rekrutmen pt pln - tes akademik dan bahasa inggris

Hai..
Kali ini aku mau ngelanjutin tentang post-ku sebelumnya tentang rekrutmen PT PLN. Setelah aku di umumkan lolos dari tes GAT yang udah aku tulis di Pengalaman Rekrutmen PT PLN - Tes GAT, besoknya aku langsung lanjut ke tahap seleksi yang selanjutnya yaitu tes akademik dan bahasa inggris.

Dalam tes tulis yang ke dua ini yang di uji adalah kemampuan bahasa inggris dan kemampuan akademik kita. Kayak gimana sih itu tes akademik? Kayak tes TPA gitu ya? Bukan. Jadi dalam tes akademik itu yang di uji adalah materi semasa kita kuliah dulu. Jadi kalau kita kuliah manajemen ya soal soalnya nanti tentang manajemen. Tapi tenang aja, soal soal yang di berikan nanti cuma mengenai pengetahuan dasar aja. Jadi kalau aku ya soal soalnya tentang pengetahuan manajemen dasar. Bukan soal soal manajemen yang keluar waktu kita UTS UAS waktu kuliah gitu.


pengalaman rekrutmen pt pln - tes akademik dan bahasa inggris


Dan PT PLN kan membuka lowongan untuk beberapa bidang/ jurusan pendidikan nih salah satunya manajemen. Dari bidang manajemen itu nanti ada beberapa bidang lagi yang bisa di lamar. Kalau dari bidang manajemen ada prodi manajemen, manajemen SDM, manajemen pemasaran, manajemen perusahaan. Jadi soal soal manajemennya campur dari soal soal manajemen SDM dasar, soal soal manajemen pemasaran dasar, soal soal manajemen SDM dasar, pokoknya materi materi dasar dari seluruh prodi dari bidang yang di lamar. Kalau kalian yang berasal dari prodi yang aku sebutin di atas, kalian bisa melamar di bidang manajemen di PT PLN.

Setelah pulang dari tes Gat itu aku langsung siap siap belajar buat tes bahasa inggris dan akademik besoknya. Aku nggak nunggu pengumuman lolos seleksinya keluar dulu karena aku takut kalau waktunya terlalu mepet buat belajar kalau sampai nunggu pengumuman keluar. 

Waktu itu aku membaca seluruh buku buku semasa kuliahk dulu. Mulai dari pengantar manajemen hingga manajemen pemasaran sampai tamat. Aku juga belajar sedikit tentang akuntansi dasar dan akuntansi biaya. Meskipun akuntansi biayanya cuma aku buka buka doang karena udah males baca angka angka tengah malem. Kalau bahasa inggris aku mempelajari grammar aja.

Setelah hampir jam 12 malem, aku ngerasa udah capek banget. Udah ngantuk. Dan akhirnya aku memutuskan istirahat biar dapet istirahat yang cukup. Dan nggak stress saat ngerjain soal. Jangan begadang terlalu malam sebelum tes ya. Usahain tidur cukup. Biar kita bisa konsentrasi saat ngerjain soal dan otaknya nggak lelah.

Aku dapat tes di batch 3 yang jadwal tesnya di jam terakhir yaitu jam 1 siang. Bayangin tuh panas panas berangkat tes. Sampai di sana aku ketemu sama temen temen yang juga lolos ke tahap ke dua ini. Dan kita ngobrol ngobrol lagi kayak kemarin buat mencairkan suasana biar nggak tegang. 

Pada tes tulis ke dua ini para peserta tes di minta datang 60 menit sebelum tes di mulai buat keperluan administrasi. Setelah nunggu hampir sejam setengah jam-an (maaf guys lagi lagi aku lupa), akhirnya proses administrasi di mulai. 

Seperti kemarin kita antri dulu buat nunjukin kartu peserta dan KTP buat di scan. Oiya, kartu peserta jangan sampai hilang sampai tes tahap akhir nanti. Soalnya kalau hilang, kita di suruh ngurus ke kantor polisi dulu. Nggak mau ribet kan? Makanya kartu peserta bener bener harus di jaga. Waktu kartu peserta kita di scan, nanti kita di beritahu nomor kursinya sama panitia. Jadi dengerin baik baik. Jangan ngobrol sama temen. Jangan ngelamun juga. 

Setelah aku menjalani proses administrasi, aku masuk ke ruang tes yang masih sama tempatnya seperti kemarin yaitu GOR Universitas Adibuana. Tapi bedanya kali ini jumlah kursinya lebih sedikit daripada kemarin meskipun jumlahnya nggak berkurang begitu banyak. 

Masih seperti tes pada hari pertama, hari ini kita juga di jelasin tentang tata cara pengerjaan soal. Setelah di jelaskan, soal di bagikan secara estafet dari depan ke belakang dan pengerjaan soal pun di mulai. Tes kali ini di bagi menjadi dua sesi. Sesi pertama untuk mengerjakan soal tes akademik. Dan sesi ke dua untuk mengerjakan soal tes bahasa inggris. Masing masing sesi tersebut di beri waktu selama 45 menit. Dan tidak ada jeda antara pengerjaan soal sesi pertama dengan sesi kedua. 

Waktu itu soal soal akademiknya emang tentang pengetahuan manajemen dasar aja. Dan aku nggak belajar banyak tentang manajemen dasar. Terus ada soal tentang manajemen SDM, tentang manajemen kantor, manajemen pemasaran. Pokoknya semuanya tentang pengetahuan dasar banget. Terus ada juga soal akuntansi biaya yang jumlah soalnya kira kira 10 lah (Lupa lupa ingat. Pokoknya sekitar segitu). Waktu itu aku nggak ngerjain soal soal akuntansi biayanya karena aku nggak bisa :'D

Oiya di tes tulis ke dua ini jawaban yang salah akan di kurangi satu poin. Jadi mending nggak usah di isi kalau ragu. Tapi juga jangan di isi terlalu sedikit juga. Nanti malah nggak bisa ngangkat poin buat lolos ke tahap selanjutnya. Waktu itu aku cuma isi 30-an soal aja dari 40 soal. Pokoknya ada sekitar kurang dari 10 soal yang nggak aku isi karena nggak tau harus jawab apa. Yang penting waktu ngerjain tes tulis ke dua ini kalian jawab soal soal yang kalian yakin. Yang ragu banget mending nggak usah di isi. Dan aku ingetin lagi, jangan ngisi terlalu sedikit.

Soal soal tes yang keluar emang bener bener pengetahuan dasar banget. Jadi kalian nggak perlu lah belajar manajemen sampai tingkat dewa kayak aku baca buku manajemen pemasaran sampai tamat. Toh, akhirnya nggak ada yang keluar. Mending belajar materi materi dasar aja tapi rata. Jadi semua buku tentang segala manajemen dasar di pelajari semua. Mulai dari manajemen SDM, manajemen pemasaran, dll lah. 

Pada tes akademik dan bahasa inggris PT PLN ini nggak ada satupun materi yang aku pelajari keluar pada saat tes. Jadi rasanya tuh sia sia banget belajar sampai malem. Aku cuma ngandalin pengetahuan pengetahuan setauku aja. Tapi yang penting niat. Kalian harus tetep belajar meskipun toh pada akhirnya nggak ada materi yang keluar. Pokoknya berusaha dulu. Jangan sampai nyesel karena nggak berusaha di awal. Kalau kalian bener bener pengen keterima di PLN, kalian harus bener bener niat. Niat belajar. Niat berdoa. 

Itu aja tips tips aku dan cerita tes akademik dan bahasa inggris PT PLN. Pada posting selanjutnya aku akan membahas tentang tes psikotes. Terimakasih semua sudah membaca blog post aku. 


THANKYOU!


WITH LOVE,




SOUN 

You Might Also Like

46 komentar

  1. pacarku juga kmaren ikutan tes pln. ampun deh emang harus niat banget menurutku kalo mau masuk pln. perjuangannya panjang. malah banyak yg ngulang gara2 gugur di tengah jalan. nice sharing kak ^^

    lumierelight.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak. banyak temenku yang juga ngulang tahun berikutnya buat masuk ke pln. banyak banget lagi tesnya. makasih udah mampir ya kak hehe :D

      Delete
    2. kak mau sharing. kalau tes akademik yang aku ambil adalah auditor, brti pertanyaannya sesuai tentang auditor ya. soalnya aku ambil jurusan Teknik Informatika.. thanks

      Delete
    3. hai makasih udah mampir :)
      untuk tes akademik sesuai dengan jurusan yang kita ambil

      Delete
  2. Tesnya susah tapi gajinya gedhe, impas menurutku sih Lin ^^

    Semangat tetep ya ^^


    www.christinauntari.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya kak tesnya susah dan buanyak banget sampe stres tes tes terus di pln :'D

      Delete
  3. Susah juga ya tesnyaa, tapi sebanding lah kalau keterima :D

    www.deniathly.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak ade makasih udah mampir ke blog-ku ya :)
      tesnya emang susah dan banyak banget kak huhu

      Delete
  4. Halloo Mbak Devi... postingan nya bikin angin segar buat saya... hehehe... BTW, manajemen dasar maksud nya gimana mbak? seperti definisi menurut pakar2 gitu? -Thanks-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak tutut makasih udah mampir ke blog-ku ya ^^
      Waktu saya tes soal manajemen dasarnya bukan yang seperti itu. Seingat saya ada salah satu soal seperti ini "fungsi penataan ruang pada kantor adalah untuk" semacam gitu. Saya nggak inget banget detailnya hehe

      Delete
  5. Linda, kalo untuk tes bahasa inggris itu sama seperti toefl (listening, reading, grammar) atau ada format lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak sukarno putra, makasih udah mampir ke blog-ku ya :)
      waktu aku tes bahasa inggris kebanyakan reading aja kak. grammarnya dikit banget. tapi temanku yang ikut tes di jogja katanya soal grammar keluar banyak :)

      Delete
    2. Hallo kak linda, jadi soal b.inggris nya kmungkinan beda2 ya setiap daerah?

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kmu lolos tahap administrasi juga ?

      Delete
    2. hai makasih udah mampir ya :)
      iya lolos dan udah di pln sekarang

      Delete
  7. Kak ini aku sarah ak lg pakek akun google adek jd namanya cowok hehe ak mau tanya kk kmrn posisi apa ngambilnya? Dan soal2 dasar manajemen itu yg gmn ya? Bahasa inggris nya jg apa grammar apa yg gmn yg keluar soalnya aku baca kayaknya kk tidak nyinggung soal yg bahasa inggrisnya ya. Mksh sblmnya btw ak selasa tes Akding ini mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      btw sarah yang mana ya hehe? untuk bahasa inggris soalnya seperti soal tes bahasa inggris kebanyakan gitulah, ada grammar, reading, semacam itu

      Delete
  8. Linda, format soal itu pilihan ganda atau essay ? berarti kalo background manajemen, yg keluar manajemen dasar meliputi pemasaran, sdm, keuangan sama operasi ya ? gak bergantung sama lowongan yg diambil semisal pemasaran dan pelayanan pelanggan jadi yg keluar pemasaran doang sama sdm (contoh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      iya untuk soal manajemennya semua ada mulai pemasaran sampe keuangan. soalnya pilihan ganda

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Halo kk, aku besok tes akademik d pku kk, boleh kasih masukan kk.
    Aku daftar pln bagian manajemen keuangan kk.
    Terima kasih kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kak, saya Batch 7, hari jum'at . kakak Batch brapa? oh ya. tes akademik besok, tes akademik aja yah kak? gak merangkap tes akademik dengan tes psikotesnya?

      Delete
    2. kak gimana tes akademiknya yang buat manajemen keuangan, mohon pencerahannya terima kasih

      Delete
  12. Halo kak, utk tesnya soalnya essai atau pilihan ganda?

    ReplyDelete
  13. Halo kak, utk tesnya soalnya essai atau pilihan ganda?

    ReplyDelete
  14. Halo kakak, untuk tahun ini tes akademik dan psikotesnya digabung, dan tidak ada tes GAT di awal, jadi kira kira apakah bakalan digabung tes GAT dan akademiknya?
    Terimakasih kakak

    ReplyDelete
  15. Halo kakak, tahun ini tes akademik & psikotesnya digabung dan tidahnada tes GAT diawal, jadi kira kira tes GAT bakalan digabung dengan akademik?
    Terimakasih kakak

    ReplyDelete
  16. Kak besok saya test akademik, jurusan teknik kimia, apakah soalnya mengenai dasar pelajaran kimia? Atau ada pengetahuan umum juga? Terimakasih kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi bagaimana testnya kemarin? apa tesnya mengenai teknik kimia semua kah?

      Delete
  17. Mohon maaf kakak tesnya datang ke lokasi ya? Saya dapat undangan tes bahasa Inggris tesnya online di seleksi.pln.go.id .. tidak ada keterangan spesifikasi tempat untuk lokasi surabaya

    ReplyDelete
  18. Hallo kak Linda, makasih sharingnya. Ini tahun pertama aku daftar PLN, dan test nya online. Ketentuan salah jawab dikurangi 1 poin tetap berlaku nggak kak kalau online testnya?

    ReplyDelete
  19. Ka saya mau test online akademik dan bahasa inggis hari besok, mudah-mudahan lolos ka, sehabis baca pengalaman kaka.

    ReplyDelete
  20. halo kak. makasih banyak udah sharing pengalamannya. berguna banget buat sya baru pertama kali tes pln

    ReplyDelete
  21. nanya dongg tapi yg sekarang tes akdemiknya kan online ya ?

    ReplyDelete
  22. Halo kak smoga temenku bisa mengikuti jenjang kakak masuk PLN besok mau tes di surabaya

    ReplyDelete
  23. trimakasi kasih mbak nya ini sangat mmembantu

    ReplyDelete
  24. Mbak ada nga contoh soal akademik.y ? Kalo ada boleh d bagi mbak? Emial aku mbak yohanisrezki@gmail.com
    Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bg info utk test psikotestnya kok gak dikabri ya hasil lulus tidaknya dari test tpa & inggris,,, dia info tgl 14 oktober tapi gak ada dikabari atau hasil lulus tidaknya dari test tpa & inggris

      Delete
  25. I know this is one of the most meaningful information for me. And I'm animated reading your article. But should remark on some general things, the website style is perfect; the articles are great. Thanks for the ton of tangible and attainable help 먹튀검증

    ReplyDelete
  26. Hi this is really very helpful article. I go through this site really very nice information.thank for sharing such a nice information. 검증사이트

    ReplyDelete
  27. Your post is very helpful to get some effective tips to reduce weight properly. You have shared various nice photos of the same. I would like to thank you for sharing these tips. Surely I will try this at home. Keep updating more simple tips like this.해외선물대여계좌

    ReplyDelete

Hai, Barbie! Terimakasih sudah mampir ke blog-ku. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. Klik 'Notify Me' agar kalian tahu aku membalas komentar kalian ♥

Adventure Time - Lady Rainicorn

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Babes

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support