PENGALAMAN REKRUTMEN PT PLN - TES GAT

Tuesday, January 03, 2017

pengalaman rekrutmen pt pln - tes gat



Hai.. 
Postingan kali ini agak melenceng dikit dari dunia per-make up-an ya. Jadi sebelumnya aku udah janji kalau aku di terima di PT PLN aku mau sharing soal pengalaman aku. Mulai dari tahap awal sampai tahap akhir. Mungkin aja informasi pengalaman aku ini bisa membantu seseorang yang mau kerja di PT PLN. 

Jadi seleksi tahap yang paling awal yaitu adalah seleksi administrasi. Di tahap ini tahu kan ya, kita harus kirim berkas berkas kita semacam ijazah, transkrip nilai dan macam macamnya. Aku waktu itu kirim berkas berkasku lewat online. Jadi waktu itu PLN lagi buka lowongan di tujuh kota besar di Indonesia, salah satunya di Surabaya. Waktu itu lowongannya di buka dari tanggal 3 - 16 Oktober 2016.


pengalaman rekrutmen pt pln - tes gat

Setelah berkas terkirim, aku nunggu selama kurang lebih dua mingguan (kalau nggak salah ingat) setelah itu pengumuman panggilan tes GAT di umumkan di website resmi PT PLN. Kira kira pengumuman di keluarkan saat akhir bulan Oktober. Dan untungnya nama aku tercantum di pengumuman panggilan tes GAT itu. Tanggal tes tertulis PT PLN waktu itu di mulai dari tanggal 1- 3 November 2016.

Jarak antara pengumuman panggilan tes GAT PT PLN dengan pelaksanaan tes kira kira waktu itu sekitar lima atau empat hari. Selama waktu itu kita bisa belajar buat mempersiapkan diri. Aku searching apa sih tes GAT PT PLN itu, jadi intinya tes GAT itu hampir mirip dengan tes pengetahuan umum alias TPA tapi lebih kompleks dan simpel. Kayak gimana tuh lebih kompleks dan simpel maksudnya? Jadi tes GAT tuh pertanyaannya macam gini nih:


TES I : CONTOH SOAL MATEMATIKA GAT/ KEMAMPUAN VERBAL

Sebuah rumah di selesaikan dalam waktu 5 bulan, 3 minggu lebih 5 hari. Berapa hari rumah tersebut di selesaikan? ...


TES II : CONTOH SOAL DERET ARITMATIKA

4   8   12   16   20   24   ...


TES III : CONTOH SOAL TES INTELEGENSI

Di tes ini ada sinonim dan antonim, lalu ada soal tentang hubungan kata, tes pengertian kata dan lain lain yang aku nggak tau apa namanya. 

Contoh soal tes sinonim

Ditentukan lima kata. Pada 4 dari 5 kata itu terdapat suatu kesamaan. Carilah satu kata yang tidak memiliki kesamaan dengan ke empat kata yang lain.

A. Meja
B. Kursi
C. Burung
D. Lemari
E. Tempat tidur

Meja, kursi, lemari, dan tempat tidur adalah perabot rumah, sedangkan "burung" bukanlah perabot rumah yang tidak memiliki kesamaan dengan ke empat kata yang lain.

Contoh soal tes hubungan kata

Gelap : terang = Basah : ...
A. Hujan
B. Hari
C. Lembab
D. Angin
E. Kering

Gelap adalah lawan kata dari terang, maka untuk basah lawan katanya kering. Jawabannya yang benar adalah "kering"


TES IV : CONTOH SOAL ROTASI GAMBAR

pengalaman rekrutmen pt pln - tes gat


TES V : CONTOH SOAL TES UNGKAPAN MAKNA 

Intan - Gula = ...
Jawaban: Kristal 

Jadi di tes ini kita di suruh menebak kata kata yang di berikan termasuk dalam kategori apa.


TES VI 

Di tes ini kita di suruh untuk memilih salah satu kata yang tidak ada hubungannya dengan kata kata lain.

a. Jurusan      b. Timur      c. Perjalanan      d. Arah      e. Selatan


Aku nggak begitu inget setiap jenis soalnya kayak gimana. Tapi paling nggak contoh soal yang aku sebutin di atas adalah sedikit soal yang keluar waktu tes GAT (soalnya nggak mirip mirip banget ya. Aku cuma ambil dari beberapa sumber. Maaf kalau sumbernya nggak di cantumin karena aku udah lupa dari mana aja. Maaf T_T)


Setelah lima hari berlalu akhirnya datanglah hari dimana tes GAT di adakan. Waktu itu aku mengikuti tes tulis PT PLN di Universitas Adibuana Surabaya. Sebelum hari H tes, aku udah survei tempat tes lebih dulu. Jadi biar pada saat hari H tes nggak bingung cari cari lokasi dan biar nggak 'gupuh'.

Pada saat tes, aku datang sejam lebih awal karena emang di minta begitu sama pihak panitia rekrutmen PT PLN untuk kepentingan administrasi. Waktu itu tempat tesnya di dalam GOR Universitas Adibuana. Begitu dateng aku ketemu dengan teman sekelas dan sekampus. Dan ketemu dengan masih banyak lagi teman teman yang lain. Kita ngobrol ngobrol dulu sebelum tes di mulai sekalian merileks-kan pikiran biar nggak tegang waktu ngerjain soal. 

Setelah menunggu selama yah sekitar sejaman lah seingat aku, akhirnya proses administrasi di mulai. Di proses administrasi ini kita nunjukin undangan yang di kirim lewat email oleh PLN yang sebelumnya harus di print dulu pakai printer laser biar barcode-nya bisa kebaca waktu di scan. Selain itu kita juga di minta buat nunjukin Kartu Identitas buat di scan juga. Waktu itu aku pakai KTP. 

Akhirnya aku masuk ke dalam ruangan setelah proses administrasiku selesai. Kita disini cari tempat duduknya sesuai dengan nomor yang ada di undangan. Waktu sampai di tempat duduk, aku melihat kartu tanda peserta tes rekrutmen PT PLN di atas meja dan kita juga di beri plastik plus tali yang nantinya buat di gantungin di leher. 

Sebelum tes di mulai, kita di jelasin dulu cara menjawab soal soalnya nanti termasuk cara mengisi lembar jawaban yang di garis miring, bukan di arsir. Selama panitia menjelaskan tata cara pengerjaan tadi, ada panitia yang keliling buat memberi stempel pada kartu tanda peserta kita, menandakan kalau kita hadir di tes GAT tersebut. Selain itu panitia juga meminta aku untuk menempel foto di tempat yang udah di sediakan di kartu tanda peserta. 

Setelah penjelasan singkat dari panitia, akhirnya mengerjakan soal di mulai. Lembar jawaban di serahkan estafet dari depan ke belakang. Sedangkan buku soalnya menyusul setelahnya. Kita tidak di perbolehkan untuk membuku buku soal terlebih dahulu sebelum di beri perintah untuk membuka buku soal. Dan lembar jawaban di tes tulis PT PLN ini bukan bulat bulat kayak biasanya. Melainkan kotak kotak. Kalau nggak salah kira kira kita di beri waktu selama kurang dari dua jam plus waktu yang di pakai buat menjelaskan tata cara pengerjaan soal tadi. Selama mengerjakan soal, jangan curang sampai melirik jawaban kanan kiri. Jangan juga membuat gerakan mencurigakan. Soalnya nanti bisa bisa nama kita di catat sama panitia tanpa menegur kita lebih dulu. Ikuti juga apa kata panitia selama pelaksanaan tes. Kalau di suruh berhenti ya berhenti. Jangan ngotot ngerjain satu soal lagi. 

Waktu proses mengerjakan soal suasana benar benar hening banget. Beberapa kali panitia mondar mandir buat mengawasi pekerjaan kita, apakah cara mengisinya udah benar atau belum. Apakah identitas yang di isi udah benar juga. Ada beberapa peserta yang waktu itu salah mengisi lembar jawabannya. Jadi dia mengisi lembar jawaban tersebut dengan cara di arsir kayak ujian nasional gitu. Padahal perintah di awal di haruskan untuk menggaris miring aja. Setelah kejadian salah satu peserta tersebut, masih ada aja yang mengulang kejadian tersebut dengan mengarsir lembar jawaban. Sampai sampai panitia yang menjelaskan tata cara pengisian tadi kayaknya mulai kesel deh karena beberapa kali terjadi kesalahan kayak begitu.

Tes GAT berjalan lancar. Sebelum meninggalkan ruangan kita di beri tahu kalau pengumuman bisa di lihat nanti malam di website PT PLN karena memang jarak tes tulis PT PLN kali ini nggak ada jeda. Kalau lolos tes GAT ya lanjut ke tahap tes akademik dan bahasa inggris besoknya. 

Kalau kalian berminat buat kerja di PT PLN, kalian harus bener bener niat belajar. Waktu itu setelah di umumkan lolos seleksi administrasi, waktu selama lima hari itu aku gunakan untuk belajar terus menerus mengerjakan contoh contoh soal yang kira kira bakalan keluar. Beberapa soal banyak yang keluar di tes PLN waktu itu. Jadi nggak sia sia belajar deh. 

Terima kasih sudah membaca tulisanku kali ini. Kalau kalian pengen tau soal soal yang aku pelajari waktu itu, kalian bisa tulis email kalian di kolom komentar, aku akan kirim contoh contoh soal yang aku pelajari ke email kalian. Mungkin saja bisa membantu waktu kalian menjalani tes GAT di PT PLN nanti. 

THANKYOU!


WITH LOVE,




SOUN 

You Might Also Like

119 komentar

  1. Hai, hari senin besok aku mau ikut tes GAT dan akdingnya. Aku boleh minta latihan soalnya ga ya? ini email ku yulfirezi@gmail.com
    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      maaf ya aku baru buka blog jadi nggak lihat email kamu huhu

      Delete
  2. terima kasih infonya, aku besok ikut tes GAT, tp yg aku mau tanyain
    aku nggak bisa cetak undangan tesnya di situs rekrutmennya, apabisa diurus saat di lokasi tes ? mungkin kakaknya pernah lihat ada yang ngurus di TKP, tp sekalian dah minta diemailin latian soalny :D
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak faisal maaf baru dibales ya, baru sempet buka blog, btw makasih udah mampir :)
      dulu nggak ada yg ngurus di tkp sih. boleh, boleh emailnya apa? beneran maaf ya baru bales

      Delete
  3. Aku juga mau minta contoh soal tes.nya boleh?
    Ini email.ku henisetyowati17@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak heni makasih udah mampir ya :)
      udah kukirim di email ya kak :)

      Delete
    2. mau juga kak, vikkasuci@gmail.com, matursuwun

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. hai kak blognya bermanfaat bgt :) boleh minta contohnya ke kikiiachandra@gmail.com makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      emailnya udah kukirim ya

      Delete
  6. Haii Linda, Terimakasih telah sharing pengalaman proses rekrutmen di PLN sangat membantu, bila berkenan tolong kirim ke email ahmadtosin8@gmail untuk contoh soal GAT, Terimakasih banyak dan keep posting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir :)
      btw alamat emailnya salah jadi ngga bisa dikirim :)

      Delete
  7. halo kak, terimakasih atas sharing pengalamannya, kalo boleh kirim ke email saya fajarnvn@gmail.com untuk contoh soal GAT nya, thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      email sudah kukirim ya

      Delete
  8. sanagat membantu banget ka postingannya, saya juga mau ikut tes pln rencanaya kak. kalo boleh contoh soalnya kirim ke email saya muhammadfadhil.6@gmail.com makasih kakk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      email sudah kukirim ya

      Delete
  9. Hallo kak, Boleh minta contoh soal GAT nya kak, kirim ke email saya kak azizfromTI@gmail.com Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      email sudah kukirim ya

      Delete
  10. hallo kak Linda, saya boleh minta contoh soal GAT nya ya kak, tolong dikirim ke email saaya ya kak. makasih bnyak sbelumnya ya kak. mita_togatorop11@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      email sudah kukirim ya

      Delete
  11. Hai mbak. Tahun ini aku InsyaAllah juga mau ikut tes rekrutmen PLN. Boleh minta contoh soal yang mbak bwt latihan. Ini email saya novitaca2@gmail.com. Terimakasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      email sudah kukirim ya

      Delete
  12. mbak jika berkenan saya minta contoh soal untuk latihan, email saya agushasanudin408@gmail.com, terima kasih

    ReplyDelete
  13. Terimakasih banyak sharing nya kak ... jika berkenan bolehkah saya minta contoh contoh soalnya kak ? Buat saya latihan dan persiapan belajar ... ini email saya kak syamsudhuha07@gmail.com .... Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ya :)
      email sudah kukirim ya

      Delete
  14. Halo kak linda. Terima kasih atas sharing pengalamannya. Boleh minta contoh soalnya untuk latihan. Ini email saya viditaratihrewayani@gmail.com. Terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      untuk soalnya nanti akan kukirim ya :)

      Delete
  15. Kak makasih udah sharing pengalamannya sangat membantu banget. Boleh minta contoh soalnya kak? Ini alamat email aku noviafridhatu@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      untuk soalnya nanti akan kukirim ya :)

      Delete
  16. Hai kak, makasih bgt dah saring pengalamannya, oh ya kak, minta soal hatinya ya. Kirim abdulghofur276@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      untuk soalnya nanti akan kukirim ya :)

      Delete
  17. Hai kak..makasi banget sharing pengalamannya. boleh minta email contoh soalnya ga kak? makasi banyak.
    email aku deean.aulia@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      untuk soalnya nanti akan kukirim ya :)

      Delete
  18. hai kak makasih udah share pengalaman yang insya allah berguna buat besok karena aku bakal jalanin tes akademik & bhs inggris senin bsk, yang mau aku tanyain apakah selama proses seleksi tes kesehatan dan diklat prajabtan itu dibiayai pihak pln atau tidak ya? dan kalau minta ditempatkan di wilayah kita bisa apa tidak ya? lalu kak linda akhirnya ditempatkan dimana? thanks semoga cepet balesnya.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      dan maaf kalo baru dibalas karena barusan buka blog lagi :)
      selama diklat kita dibiayai oleh pln tapi untuk tes kita nggak dibiayai. untuk minta masalah penempatan kita nggak bisa milih, jadi harus terima ditempatkan dimana saja :)

      Delete
  19. Sangat bermanfaat semoga karirnya makin cemerlang dg kebaikan sharing pengalamannya :) Tolong kirim latihan soalnya dong, kirim ke revel.dh@gmail.com maksihhhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai makasih udah mampir ke blog ku ya :)
      untuk contoh soalnya nanti kukirim ya :)

      Delete
  20. makasih Kak udah sharing.
    boleh minta soal-soalnya Kak?
    efliantobutarbutar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      untuk soalnya nanti akan kukirim ya, senang kalo bisa membantu :)

      Delete
  21. Kak aku minta soal2nya dong
    Masih bisa kan kak
    Ini email aku kak
    hastutynirwana31@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      untuk soalnya nanti akan kukirim ya :)

      Delete
  22. Hai kak devi, aku boleh minta contoh soalnya? untuk belajar.
    dewinitafebrianty@gmail.com

    terimakasih kak sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo makasih udah mampir ya :)
      untuk soalnya nanti akan kukirim ya, senang kalo bisa membantu :)

      Delete
    2. aku juga boleh minta contoh soalnya kak? ini email aku: watinila851@gmail.com

      Delete
  23. Hai kak boleh minta contoh soalnya?
    arika.diwayami@gmail.com
    Terimakasi kak :)

    ReplyDelete
  24. assalamualaikum:) terimakasih buat sharing pengalamannya kak;) boelh minta contoh soalnya kak? hilwa6@gmail.com, terimakasih kak

    ReplyDelete
  25. Halo kak soun, tulisan di blog nya bermanfaat sekali buat saya yg mau ikut tes PLN, jika berkenan bisa dikirimkan contoh soal latihan nya ke email obbieprima95@gmail.com,,
    Sukses untuk kak soun.

    Salam hangat,

    ReplyDelete
  26. Mksh infony sngat bermanfaat bisa minta contoh soalny tolong email ke imanuellauren@gmail.com

    ReplyDelete
  27. hai kak,terima kasih atas pengalamannya. saya butuh soal-soal latihan buat tes kak berikut email saya amirotulkhoiro@gmail.com. terim kasih

    ReplyDelete
  28. Hai kak, sangat bermanfaat infonya, boleh mintak contoh soalnya kk?
    Emaikku: ernitafatriawati@gmail.com
    Mksih ya kk.

    ReplyDelete
  29. Salam kenal kak. Blognya sangat bermanfaat.
    Apakah masih bisa minta contoh soal GAT nya?
    Kalau bisa mohon bantuannya ya..
    Email saya: hellosirsaleh@gmail.com

    ReplyDelete
  30. halo kak.. makasihbanyak sharingnya. boleh minta contoh soalnya kak.. ini email aku.. watinila851@gmail.com

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. halo kaa.. salam kenal yahh^^
    baru baca blog kk yg inii,
    boleh aku minta contoh soalnya juga gak kak? ke pipitsavitri28@gmail.com terimakasih atas bantuannya kakkk :)

    ReplyDelete
  34. Hai kak makasii atas pengalamannya boleh ga aku minta contoh soalnya bisa dikirim email ini ya kak yoshisaragi@gmail.com maakasii banyak kak

    ReplyDelete
  35. Pagi.. maaf.tulisannya sangat bermanfaat kak.. klo bsa Aku boleh minta contoh soalnya kak?
    Ini email saya rizkycatur21@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mau minta contoh soal tes.nya boleh?
      Ini email.ku hanirofikoh0209@gmail.com

      Delete
  36. Hallo mbak. InsyaAllah tahun ini saya mau ikut tes rekrutmen PLN. Boleh share soal2 nya mbak. Ini email saya aini34736@gmail.com
    Terimakasih mbak.

    ReplyDelete
  37. Hallo mbak terima kasih udah sharingdan tulisannya sangat bermanfaat, boleh saya minta contoh soal GATnya? Ini email saya rositahae@gmail.com
    Terima kasih banyak ya mbak☺

    ReplyDelete
  38. Hai kak, tulisan nya bermanfaat sekali. boleh minta contoh-contoh soal GAT ? ini email saya kak, lianaawati@gmail.com
    terima kasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
  39. Waah beruntung bisa ketemu blog nya Kakak, bermanfaat buat yg udah ngelamar & nunggu pengumuman test PLN. Boleh minta contoh" soal GAT nya, ini email saya fattahul94@gmail.com Terimakasih.. :3

    ReplyDelete
  40. mbak, boleh minta contoh soalnya? terima kasih
    jheyfidi@gmail.com

    ReplyDelete
  41. Hai, berguna banget nih baca artikel kamu. Deg-degan karena aku juga bakalan test buat kerja di PLN.. Masih bolehkah minta contoh soalnya? Kalau boleh, tolong emailkan ke yuishlahfaath@gmail.com
    Terima kasih sis :')

    ReplyDelete
  42. Hallo Kak boleh minta contoh soalnya ? deanggiani@gmail.com

    ReplyDelete
  43. hai kak, tulisannya sangat bermanfaat...
    tolong dikirim bahannya ke: ikhsan12sf@gmail.com

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Hai kak, tulisan nya bermanfaat sekali. boleh minta contoh" soal GAT? tolong emailkan ke email fadhilatulf12@gmail.com
    Terimakasih kak

    ReplyDelete
  46. Hi kak, makasih banget buat sharing nya, Sangat bermanfaat. Boleh aku minta juga contoh soal soalnya? hmjd3tak@gmail.com makasih kak 😊

    ReplyDelete
  47. Kak, boleh dikirimkan contoh soalnya ke email saya : bascampa001@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  48. Kak, boleh dikirimkan contoh soalnya ke email saya : bascampa001@gmail.com

    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  49. hallo kak. bolehkah aku minta contoh latihan soalnya? email ku savira.sulkhan@gmail.com
    makasih banyak kakkk :)

    ReplyDelete
  50. Hi Kak Linda, salam kenal. Saya bersyukur bisa nemu blog kaka yg Alhamdulillah membantu saya sekali. Boleh minta contoh soal2nya kak? Kebetulan saya tes di minggu besok. Alamat email saya : qonita.zahida91@gmail.com Terimakasih kak:)

    ReplyDelete
  51. Halo kak Linda, makasih atas sharing pengalamannya kak, sangat bermanfaat. Kalau berkenan, boleh minta contoh latihan soalnya kak?
    email ku : nurinjazlina3@gmail.com
    Makasih banyak kak :))

    ReplyDelete
  52. Hai mbak,boleh saya minta contoh soalnya.
    Ini alamat email saya yeswimulyani99@gmail.com

    ReplyDelete
  53. hai mbak linda, aku juga ikutan daftar pln tahun ini untuk sma/smk yang belum lulus loh. boleh minta contoh soalnya nggak? buat belajar juga. ini emailku virlyaramadhanita11@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  54. Hai kak boleh send k email ku kak febyangriani49@gmail.com

    ReplyDelete
  55. Hay Kak, boleh share materi soal ga? buat latihan. Terima kasih.
    Email: raissa.rosadi@gmail.com

    ReplyDelete
  56. Hallo kak. Kak boleh minta materi soal tes PLN nya? Buat dipelajari juga kak. Makasi sebelumnya kak. Email: merisahrry@gmail.com

    ReplyDelete
  57. Hallo kak soun, hehe
    kak boleh minta tes materi soal GAT
    kirim ke ekateresna15@gmail.com
    Terima kasih kak.

    ReplyDelete
  58. Kak mau dong materia GATnya, kirim ke email andinichairunnisah@gmail.com, maksih kk

    ReplyDelete
  59. Hallo kak devi, aku boleh minta contoh soalnya? untuk belajar. Ini email ku ka

    azkiahrie@gmail.com

    terimakasih kak sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  60. Hallo kak. Kak boleh minta materi soal tes PLN nya? Buat dipelajari juga kak. Makasi sebelumnya kak. Email: mubaraqhere@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Terimakasih ka :) , Boleh dikirim materi soal tes PLN Ka ? ke p4ndu.btn21@gmail.com . Haturnuhun :)

    ReplyDelete
  62. Hello kak soun. Makasih tulisan nya yg bermanfaat kak :). Kak, boleh minta materi soal buat latihannya? Buat di pelajari juga kak. Makasi sebelumnya kak :)
    Email: hilmafaizah@gmail.com

    ReplyDelete
  63. Kak makasi ya udah berbagi, aku mau dong kak soalnya ke email mutiarakarinta3@gmail.com

    ReplyDelete
  64. boleh dong kak bagi soalnya ke email aku
    tantryanggraeni24@gmail.com

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Hallo kak. Makasih banget, tulisan nya keren abis. Btw boleh minta materi soal buat latihannya kak? Makasi sebelumnya kak.
    muhridha4@gmail.com

    ReplyDelete
  67. Haloo kak, boleh minta soalnya ga ka? ini email aku
    retnost70@gmail.com
    makasih yaa❤

    ReplyDelete
  68. Halo mbak linda, salam kenal. Mbak kalo boleh ak mau juga dong contoh contoh soal dan materi yg dipakai kakak untuk belajar, kirim ke ayutriastuti45@gmail.com. Terimakasih banyak kak.

    ReplyDelete
  69. Hallo mbak linda.. salam kenal mbak. Mohon bantuannya untuk kirim contoh soal di emailku yaa mbak. Terima kasih mbak sebelumnya. Sangat membantu sekali blog ini. Emailku
    fitriana.diyah97@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Hai linda sangat membantu sekali
    Boleh aku minta contoh soal nya?
    Ini email aku ya
    putrichysa@gmail.com

    ReplyDelete
  71. please kirim dong soal"nya alisutomo18@gmail.com

    ReplyDelete
  72. Thankyou sharingnya, sangat membantu.

    tolong kirim contoh soalnya ke email : ivandrago207@gmail.com

    ReplyDelete
  73. Halo kak Linda, saya boleh minta contoh soal GAT nya kak, tolong dikirim ke email saya ya kak. makasih sebelumnya ya kak. karinabordal88@gmail.com

    ReplyDelete
  74. Halo kak Linda, boleh minta kah contoh soal GATnya? anggraeniaulita@gmail.com

    ReplyDelete
  75. Bagus banget mba devi, makasih banget udah sharing pengalaman terbaiknya. Saya minta contoh soal-soal GAT nya ke email saya adi.oto27495@gmail.com

    Terima kasih mba Dev, sukses selalu

    ReplyDelete
  76. Kak aku mau dong contoh soal-soalnya
    terimakasih
    nromadyah@gmail.com

    ReplyDelete
  77. Kak minta contoh soalnya dong:)
    Makasi, ini emailnya
    anadwipayanti1801@gmail.com

    ReplyDelete
  78. Kak minta contoh soalnya dong:)
    Makasi, ini emailnya
    anadwipayanti1801@gmail.com

    ReplyDelete
  79. bermanfaat banget, makasih kakak, btw boleh minta soft copy materinya kak? krim ke email pramapp2908@gmail.com ya kak makasih sebelumnya, sukses dan sehat selalu kakak :)

    ReplyDelete
  80. Hai kak saya boleh minta contoh soal psikotes tes pln nya kak.. Terimah kasih sebelumnya kak.. Ini email saya iya kak hendromanalu3@gmail.com

    ReplyDelete
  81. haii kaa, makasih yaa uda mau sharing pengalamannya, alhamdulillah bermanfaat banget. hihhi
    boleh minta soal latihan materi nya kaa? ini email saya
    Novitasara1410@gmail.com
    terima kasih kaka :)

    ReplyDelete
  82. Wonderful illustrated information. I thank you about that. No doubt it will be very useful for my future 휴게텔
    projects. Would like to see some other posts on the same subject!

    ReplyDelete

  83. I haven’t any word to appreciate this post.....Really i am impressed from this post....the person who
    create this post it was a great human..thanks for shared this with us.


    Try to check my blog: 강남안마

    (freaky)

    ReplyDelete

Hai, Barbie! Terimakasih sudah mampir ke blog-ku. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. Klik 'Notify Me' agar kalian tahu aku membalas komentar kalian ♥

Adventure Time - Lady Rainicorn

Kumpulan Emak Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Blogger Babes

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support